[FridayMyth] Amaterasu - Mitologi Jepang

10.12

Friday Myth - 15.01.2016
(Sebagian teks telah disunting oleh admin)

Sumber: Wikipedia

Raysa Prima Annisa: Kali ini mengambil mitologi dari negara yang sama dengan pembahasan buku dan tokoh. Biar mengganjili jumlahnya, gitu.....

Kali ini kita akan kenalan sama dewi paling kece, bukan dewi persik, bukan dewi ayu. Dialah, dewi Amaterasu, identitas matahari dalam mitologi Jepang

Amaterasu Omikami atau The Great Divinity Illuminating Heaven adalah dewi matahari dalam agama Shinto dan dewi paling berpengaruh. Ia merupakan satu-satunya putri pencipta Jepang, Izanami dan Izanagi.

Saat ayahnya, Izanagi, melarikan diri dari tugas kunjungannya ke Dunia Bawah, ia harus melakukan upacara penyucian diri di sungai Woto dan saat itu dari mata kiri dewa itu, lahirlah Amaterasu.

Ia juga kakak dari Susanoo no Mikoto, dewa badai. Dalam sumber lain ia juga dikisahkan punya saudara lain bernama Tsukuyomi, Dewa Bulan. Namun dalam beberapa cerita, Tsukuyomi hanya digambarkan sebagai laki-laki biasa yang memiliki seorang putri yang nantinya akan menggantikan Amaterasu sebagai dewi matahari yang baru (tetap dengan nama Amaterasu).

Dalam mitologi Jepang, mereka menyebut dunia manusia dengan nama Nakatsukuni dan dunia para dewa dan makhluk selain manusia lainnya dengan nama Takamagahara atau Takama no Hara (the High Celestial Plain). Amaterasu menjadi penguasa dunia tsb.

Febiana: Dewi matahari ini bapaknya dewa bulan? Bukannya matahari itu jauh lebih besar dari bulan yah?

Raysa Prima Annisa: Lebih tepatnya, saudara kandungnya, om. Mari kita tanya ke ahli mitologi jepang, om, kenapa hubungan mereka tak seperti ukuran mereka

Febiana: Soalnya dibilang anaknya dewa bulan yang nantinya bakal gantiin dewi matahari. Silsilah perdewaan rumit yah kak

Raysa Prima Annisa: Oooo ituu oom, i see.

Iyah, jadi di salah satu karya, si Tsukuyomi ini digambarkan sebagai manusia biasa dan punya putri. Putrinya ini ditugaskan dari kecil sebagai anak kuil yang pada akhirnya bakal 'naik pangkat' jadi dewi matahari. Begitu om

Amaterasu pada karya yg akan aku singgung nanti, itu lebih ke nama gelar dan posisi

Amaterasu dan Peristiwa Gua
-------------------

Susanoo digambarkan sebagai dewa yang temperamen. Ia sering membuat kekacauan. Ia pernah menghancurkan sawah-sawah, menyebar kotoran di kediaman Ama, dan menjatuhkan kuda yang sudah dikuliti di lorong tempat menenun di beberapa daerah Takamagahara. 

Kesal dengan kelakuan Susanoo, ia mengurung diri di sebuah gua. Dunia menjadi gelap gulita. Tanaman tak lagi tumbuh, kekacauan terjadi karena makhluk-makhluk di Takamagahara menyusup ke Nakatsukuni, dunia manusia, melalui cermin di kuil-kuil Shinto. 

Nakime, dewi yang mengabdi pada Amaterasu pun mulai mengumpulkan beberapa dewa terpilih dengan berbagai kemampuan untuk mengeluarkannya dari gua. Dari sini, dimulailah proyek pengeluaran Ama oleh para dewa.

Febiana: Baru tau gua, dewa bisa ngambek. Ama ngambekkan ternyata yah

Raysa Prima Annisa: Iya, om. Dewi ternyata gitu. Tapi dari sumber lain yang aku baca, dia bukan ngambek, tapi takut karena Susanoo ini pemarah dan trouble maker. Jadi ada dua versi kenapa dia masuk gua gitchuu

Amaterasu dan Proyek Mengeluarkan Doi dari Gua
-----------------------

Ada beberapa versi berbeda mengenai proyek ini:

Versi 1

Nakime dengan bantuan Binga, makhluk legenda berbentuk burung raksasa mengumpulkan 4 dewa dengan kemampuan berbeda. Ishikoridome no Mikoto, pencipta peralatan untuk membuka gua. Futotama no Mikoto, dewa pembaca doa di depan pintu gua yang terkunci. Amenouzume no Mikoto, dewi yang menyajikan tarian untuk menarik perhatian Amaterasu. Terakhir, Amenotajikarao no Mikoto yg membuka paksa pintu gua yang mulai terbuka.

Versi 2

800 ribu dewa berdiskusi tentang bagaimana menarik Ama agar mau keluar dari gua. Mereka mengumpulkan ayam-ayam yang berkokok mendahului fajar, dan menggantung cermin dan perhiasan di pohon Sakaki di depan gua. Dewi Amenouzume no Mikoto mulai menari di atas bak mandi yang terbalik dan mengundang tawa terbahak-bahak dari para dewa yang berkumpul. 

Amaterasu penasaran bagaimana para dewa masih bisa berpesta sementara dunia sedang jatuh dalam kegelapan. Ia pun diberitahu bahwa di luar gua ada dewa yang lebih terkenal dibanding dirinya.

Ia mengintip dari dalam gua, melihat bayangannya sendiri di cermin, mendengar kokok ayam, dan keluar gua. Para dewa kemudian dengan cepat melemparkan shimenawa atau tali suci dari jerami di depan gua untuk mencegahnya kembali ke gua. Rupanya tali suci itu sekali dibentangkan takkan bisa dilewati oleh siapa pun.

Dan begitulah akhirnya proyek Amano Iwato berhasil dilakukan untuk menyelamatkan dunia atau Nakatsukuni dan Takamagahara.

Amaterasu dan Proyek Amano Iwato
----------------------

Proyek ini disebut juga sebagai regenerasi dunia. Saat dunia sudah terlalu kotor dan menanggung dosa manusia, saat itulah terjadi gerhana matahari. Semua dosa manusia ditanggung oleh Amaterasu sebagai representatif. Sementara kebencian semua makhluk hidup (selain manusia) kepada manusia diwakilkan kepada seekor naga raksasa yang tak diketahui namanya (kalau versi sebuah karya adaptasi mitologi ini, naga tadi adalah Susanoo yang berubah bentuk).

Sang Naga adalah reinkarnasi naga sebelumnya. Matahari (Ama) adalah reinkarnasi juga dari matahari sebelumnya. Kelak di masa depan proses ini akan berlanjut lagi dan akan lahir sang Naga dan Matahari2 yang lain karena regenerasi dunia akan terus terjadi manakala ia sudah terlalu banyak dosa dan dikotori.

Febiana: Coba dya gak ambekan kn dunia gak jadi kelam. Baperan pasti tuh ama

Raysa Prima Annisa: Iya om, sayah jg jadi mikir, rada egois juga doi jadi dewa

Tugas sang Naga yang kedua adalah melahap Amaterasu, matahari. Pada saat ini terjadilah gerhana matahari. Dosa manusia dibersihkan, bumi tak lagi kotor, semua makhluk hidup menjalani hari yang baru. Dan di suatu tempat, para tokoh utama proyek ini sedang terlahir kembali untuk mengulang takdir.

Bangsawan di Jepang menyatakan diri sebagai keturunan dewi ini. Sebelum Peristiwa Gua, Ama mematahkan pedang Susanoo jadi tiga, memakannya dan memuntahkannya hingga jadi tiga wanita. Susanoo pun mengambil kalung permata kakaknya, memakan dan memuntahkannya jadi lima pria. Delapan orang ini dipercaya merupakan nenek moyang bangsawan Jepang.

--------------------

Kuil Besar Ise atau Jingu, kuil terpenting Shinto di Jepang didedikasikan untuk Amaterasu dan sang dewi direpresentasikan di sana dalam bentuk Yata Kayami atau cermin oktagonal.

---------------------

Dalam karya seni Jepang, Amaterasu sering digambarkan sebagai wanita yang duduk bersama Tsukuyomi, dewa bulan. Ayam jantan sering diasosiasikan dengannya karena mereka melambangkan matahari terbit. Yata Garasu atau gagak juga dipercaya sebagai utusan sang dewi.

Amaterasu dalam Karya
----------------------

1. Komik Dream Saga, diterjemahkan Elex tahun 1999
Komik favorit Raysa yang dibeli pas SD ini adalah komik yang berdasarkan pada mitologi Jepang. Tokoh utamanya anak-anak SD di Nakatsukuni, namun ternyata mereka adalah titisan para dewa yang membuka pintu gua Amaterasi di Takamagahara. Mereka bisa pindah ke dunia dewa dan berubah dewasa melalui medium mimpi. 

Di sini Amaterasu tidak digambarkan secara jelas, hanya bayangan seorang wanita. Amaterasu pun di sini adalah nama gelar. Susanoo bereinkarnasi dari seorang mantan bos geng pencuri. Tsukuyomi adalah penguasa negeri Tsukumo di Takamagahara yang kejam, rakus, dan licik. Cukup banyak perubahan karakter dari mitologi aslinya di sini.

2. Novel Grafis "Amaterasu: Return of the Sun, A Japanese Myth"
Novel ini kurang lebih menceritakan persis dengan mitologi yang telah saya ceritakan di atas. 

3. Naruto
Amaterasu menjadi nama salah satu jurus Mangekyo Sharingan di sini.

4. Video Game "Ookami"
Amaterasu digambarkan sebagai serigala putih dengan tanda merah di tubuhnya. Dalam game ini ia bertarung melawan Orochi, ul** berkepala delapan. Aslinya dalam mitologi, Orochi ini hobinya adalah menculik gadis dari desa-desa di Takamagahara.

Baeklah sampai di sini dulu, terima kasih yang sudah menyimaak. Semoga menambah wawasan sedikit lah ya tentang mitologi dunia.

Minggu depan in syaa Allah akan hadir dengan mitologi dari bangsa berbeda. Wassalam…

Kalau ada yang mau nanya, sila

Febiana: Jadi si ama bentuknya macem-macem ya

Raysa Prima Annisa: Dalam mitologi, aslinya wanita, om. Cuma pas diadaptasi dalam bbrp karya, wujudnya berbeda-beda om

Miftaahul Jannah: Aku masih gak ngerti tentang mitologi jepang. Rumit banget

Raysa Prima Annisa: Rumit pas bagian apa mips? Oya ini cuma sebagian kecil dr mitologi jepang, ya. Masih banyak cerita2 lain dlm mitologi jepang kok

Miftaahul Jannah: Semuanya. Kayak gak masuk diakal gitu loh.

Febiana: Mungkin kurang jelas silsilahnya kali yah. Jadi agak ngebingungin~ Atau bisa jadi, info yang berkaitan memang sukanya setengah-setengah

Miftaahul Jannah: Bisa jadi. Aku belajar mitologi Yunani aja aku banyak mikir "apa apaan masa kayak gini." Gitu

Ian: Eh, amaterasu yah.. hmmm.. jenis kelaminnya gaje bukan?

Raysa Prima Annisa: Wanita, bang

Ian: Yg kubaca malah dewa. Lupa sumbernya drmn..

Raysa Prima Annisa: Dari beberapa sumber sih disebutin ia anak perempuan izanami dan izanagi, bang. Aku jg pernah baca kalo oleh bangsa di amerika utara, amaterasu ini digambarkan seorang pria. Ga tau knp. Cuma kalo dari patung2 di kuil Shinto, ia digambarkan seorang wanita

Ian: Yah, menurutku karna mitologi sih yah, ceritanya jg turun temurun. tapi emank di kuil penggambarannya wanita yak.

Raysa Prima Annisa: Mips, kalo kata sumber dari Minneapolis Institute of Art: One purpose of myths is to explain the inexplicable. Myths have functioned as rationalizations for the fundamental mysteries of life, question such as: who made the world? how will it end? Where do we came from? Who was the first human? Etc. 

Mitologi adlh universal needs dr orang2 zaman dulu, tanpa mengindahkan informasi secara ilmiah. Krn itu mungkin memang ga bisa masuk akal. Coba deh baca lanjutannya di artsmia.org/world-myths/whatismyth.html

Mgkin bisa membantu menjawab knp mitologi kelihatan ga masuk akal haha

Tri Astuti: Ini sedih pas bagian Ama nanggung dosa manusia di bumi trus akhirnya ditelen ama naga. Pengorbanannya buat bumi sungguh2 besar ya...

You Might Also Like

0 comments

Kami selalu terbuka untuk segala kritik dan saran dari para Sahabat Buku sekalian, silahkan mengisi kolom komentar untuk menumpahkannya. Terima kasih.

Like us on Facebook