[TuesdayWithMovie] Gone Girl

23.30

TUESDAY WITH MOVIE - 12.01.2016
Moderator: Tiara Erlita

Sumber: IMDB


Tiara: Malam ini kita bahas film "Gone Girl." Jujur.. Bru tdi pagi aku ntnnya itu juga di Fox Premium. Hahahahaa. Jadi klo ada yang salah atau kurang bahasannya tambahin yaa kakak

Tepat di hari ulang tahun pernikahan ke-5-nya, pemilik bar Nick Dunne (Ben Afflcek menemukan rumahnya yang terletak di North Carthage, Missouri berantakan, Tidak hanya itu, istrinya, Amy (Rosamund Pike), seorang penulis terkenal juga raib bak ditelan bumi.

Penyelidikan kemudian dilakukan, melibatkan pihak berwajib yang dipimpin detektif Rhonda Boney, masyarakat setempat dan campur tangan media massa.

Gone girl adalah film drama yang mengisahkan hilangnya seorang perempuan dan ditengarai dibunuh oleh suaminya. Nick dan Amy adalah pengantin baru yang belum lama menikah.Pekerjaan mereka adalah penulis di New York , namun karena resesi dan krisis yang terjadi, mereka pindah ke rumah orangtua Nick. Kepindahan mereka juga dikarenakan ibu dari Nick yang sakit sakitan.

Awal Cerita
Nick punya adik bernama Margo yang mengelola bar serta ayah yang sudah pikun dan hidup di Panti jompo. Amy adalah anak orang kaya, cantik namun kurang bergaul dengan tetangga. Setelah pindah ke Misouri, Nick tidak punya pekerjaan lain selain mengelola bar bersama adiknya. Sementara itu, Amy fokus mencoba menulis kembali dan lebih sering dikamar.

Cerita berawal saat Nick menduga bahwa Amy diculik atau dibunuh orang. Nick akhirnya memanggil polisi untuk menyelidi kejadian tersebut.

Di awal film, terlihat bahwa Amy merasa terancam dengan suaminya. Amy merasa bahwa suaminya kurang bertanggung jawab dan hanya bersantai saja dirumah. Amy juga merasa dia hanya sebagai pelampiasan sex semata.

Dilihat dari sisi Nick, suami Amy, dia merasa sudah berusaha menjadi laki laki yang pengertian dan bertanggung jawab, dia dan adiknya Margo menjalankan usaha Cafe Bar untuk menunjang hidupnya. Amy sendiri bagi Nick adalah perempuan yang lebih tepat disebut Sociopath, jarang bergaul dengan tetangga.

Saat Amy hilang, Nick berusaha menemukan Amy dengan menghubungi polisi, namun apa yang terjadi? Polisi justru menduga bahwa Nick telah membunuh Amy. Polisi melacak ada bercak darah didapur serta setelah di cek lebih jauh, banyak darah dilantai yang telah dibersihkan.

Polisi ingin menangkap Nick, namun karena polisi belum menemukan jasad Amy, maka polisi hanya terus melakukan penyelidikan sampai menemukan buku diary Amy yang dibakar di rumah orang tua Nick.

Dari buku catatan itu sendiri, tampak bahwa Amy merasa terancam dengan suaminya, maka Amy pun membeli senjata yang diletakannya dibawah tempat tidur untuk jaga diri. Apakah memang benar Nick seorang psikopat?

Alur cerita film ini dibuat flashback trus kembali lagi ke lanjutan. Jadi dri twist twist di flashback itu bakalan kita tau jalan cerita ini

Saat kasus ramai ramainya di televisi, Pacar simpanan Nick justru bertemu Nick tiap malam. Yah, Nick ternyata selingkuh dengan muridnya yang masih berumur 19 tahun. Nick meminta pacarnya itu agar tidak menemuinya karena membuat permasalahan tambah rumit.

Namun, akhirnya hubungan antara Nick dan pacarnya itu diketahui kembaran Nick, Margo yang justru membuat Margo tambah marah.

Di sisi lain, ternyata polisi mengetahui bahwa Amy sedang mengandung, informasi ini didapat dari tetangga Nick yang ternyata dekat dengan Amy. Nick sendiri tidak tahu hal itu, selain itu. tagihan kartu kredit Nick juga sangat besar dan uang premi asuransi jiwa Amy juga dinaikan. Polisi menduga Nick sengaja membunuh Amy agar dia dapat uang asuransi yang besar.

Di sisi lain, saat Nick tampil di public dan TV, expresinya tidak menampakan kesedihan, justru dia lebih banyak tersenyum yang membuat public amerika dan tetangganya makin kesal dan benci dengan Nick.

Saat posisi panik, Nick akhirnya menyewa pengacara yang ahli dibidang permasalahan keluarga dan pembunuhan. Bahasa tubuh Nick yang tampak bahwa "dia senang" ketika Amy hilang membuat public menduga bahwa dialah pembunuhnya, namun apakah Nick memang membunuh istrinya?

Bagaimana dengan akhir film ini? Sutradara langsung menunjukan apa yang dilakukan Amy. Ternyata Amy memang sengaja membuat kehilangannya seperti kasus pembunuhan. Dia merencanakan dengan matang agar suaminya ditangkap polisi atas dugaan pembunuhan. Dia membuat seolah dirinya hamil, menyayat tangannya sehingga darah keluar banyak didapur dan sehingga dibuat seolah olah telah terjadi pembunuhan, tidak lama kemudian dia kabur dengan mobil Bodong dan menikmati suaminya yang dituduh membunuhnya di tempat lain.

Yah, dari sini kita tahu bahwa yang PSYCO justru si Amy. Dia ingin suaminya dihukum mati kerena telah "membunuhnya". Apa alasan dibalik semua ini?Ternyata Amy tahu bahwa Nick berselingkuh. Dia sangat kesal sehingga merencanakan semua ini.

Yang menarik, narasi Flynn adalah ia tidak hanya berkutat semata-mata pada misteri orang hilang. Setiap flashback-nya meberikan dasar cerita yang kuat buat cerita kedepannya. Setiap kelokan akan merubah arah plotnya sama sekali, dari pencarian sang istri yang hilang

Di Televisi, Nick, menyatakan penyesalannya karena telah menyelingkuhi Amy dan berjanji dan berharap dia kembali. Amy yang menonton tiba tiba merasa bahwa itulah laki laki yang dicintainya. Dia ingin Nick berlaku jujur dan lembut kepada dirinya. Apa yang dia lakukan? Saat dia mau kembali dari tempat persembunyian, justru uangnya di rampok oleh tetangganya, Dia akhirnya menelpon Colling, laki laki yang selalu membuntutinya dan mengharapkan dia selama berthun tahun

Febiana: Gw malah tdnya mikir suaminya autis, kayak d Good Doctor org seharusnya ketakutan atau panik tp ekspresinya malah kebalikannya.

Tiara: Ya baguss sih karakterya smua ga bsa ketebak

Disini tampak bahwa film ini lebih fokus pada Amy yang PSIKOPAT, bukan pada hilangny Amy. Amy merencakan ide licik dengan cara membunuh colling dan membuat seolah olah dia diculik dan dijadikan budak nafsu oleh Colling. Saat colling berhubungan sex dengan Amy, Amy menggorok tenggorokan Colling lalu ranjang bersimbah darah. Amy pulang kerumah suaminya dalam kondisi bersimbah darah.

Dia bilang pada polisi bahwa dia di sekap oleh colling yang mencintainya sejak masa SMA. Polisi tidak langsung percaya mengingat bagaimana Amy mendapatkan pisau untuk menggorok colling kalau dirinya diikat dan menjadi budak sex? Permasalahannya, polisi tidak punya bukti yang cukup. kasus yang sudah menyedot perhatikan publik amerika ini akhirnya selesai dengan "BAHAGIA" ketika Amy kembali.

Nick bukannya bahagia melihat Amy kembali, namun justru dia takut dengan Amy dan baru sadar Amy adalah psikopat. Sebelum Amy ditemukan, Nick sudah bertemu mantan pacarnya yang diduga melakukan pemerkosaan, dari penuturan mantan pacarnya, dia tahu bahwa Amy menjebak mantan pacarnya dan dibuat seolah olah dia diperkosa, padahal Amy dan dia bercinta suka sama suka.

Nick ingin menceraikan Amy, namun Amy tidak mau bercerai karena mencintai Nick. Amy memanfaatkan sperma suaminya di lab dan memasukan ke rahimnya dan membuatnya benar benar hamil. Nick diminta Margo agar menceraikan Amy, namun Nick tidak bisa karena Amy sudah mengandung anaknya.

Diakhir cerita, mereka tampil di talkshow sebagai keluarga yang "Bahagia" dan cerita berakhir.
Selesai~

Nah aku sebenernya msih kurang paham sama psikopat itu apaaa? Haaaha

Febiana: Itu gmn caranya masukin sperma sendiri k rahim? Mksdnya gmn cara nya Amy masukin sperma suaminya k rahimnya dya sendiri.

Tiara: Bisa kak .. Disuntik kali yak
Pas adegan itu aku ga ntn.. Lagi nyari makan di luar
Hahahahaa

Tri Astuti: Scene favorit eike pas si Amy kena tipu...wakakkakakakakakaka

Tiara: Film ini disutradari oleh david fincher. Fincher membuat cerita adaptasi dengan segala ciri khasnya. Bagus di narasi nya juga

Tiara: Scene fav aku pas Amy canggih bener bikin smua tipu dag buat nyalahin suaminya atas kehilangan Amy

Mas Jamal: Kayaknya seru ya

Febiana: Gak bahagia itu mah, psikopatnya masih idup

Mas Jamal: Pas liat ben afflect dan kata 'gone' kirain bahas film yang saya tonton 5 tahun lalu... Pas baca sinopsisnya kok bedaa.. Pas gooling ternyata yang saya tonton waktu itu judulnya gone baby gone... Ben afflect demen amat yak berhubungan ama kata 'gone'.

Tiara: Ending nya ya mereka hadir di talkshow dengan "BAHAGIA"

Tri Astuti: Wakakakakkaa... yang pas dia ekting di depan cctv itu, Ra.... Aku sik bahagia pas Amy kena tipu...wakakakkakaka

Tiara: Ga ntn bagian itu kak. Lagi nyari makan

Tri Astuti: Ekspresi muka Amy ini nganu yak...

Tiara: Klo dibilang Amy ini cerdas nya kebangetan smpe tega mau buat suaminya di tuduh ngebunuh dia.. Trus tapinya dia msih cinta sama Nick

Tiara: Eh iya.. Film ini di adaptasi dari novel yang berjudul sama kakak, pengarangnya Gilian Flynn

Tri Astuti: Sebutan Amy ini apa, Ra?

Tiara: "Amazing Amy"

Tri Astuti: Dari kecil emang udah banyak prestasinya yak dia... Diagung2kan gitu....

Tiara: Yaa.. Smpe desi colling ini bener2 cinta mati (dibunuh) dia

Tri Astuti: Recomended gak, Ra?

Tiara: Recomended ka

Dida: Ujung ujungnya lakiknya ikutan deramah

Tiara: Walaupun untuk msuk psikopat itu yang kaya gmn aku msih kurang paham

Tri Astuti: Dapet berapa bintang kira2 kalo versi Tiara?

Tiara: 4 dari 5 lah yaa..jangan tanya kenapa nyisai 1 bintang yaa kak

Ga hanya karakter2nya sih yang menurutku bagus.. Alurnya tuh kita bener2 ga bsa nebak klo awal kita ntn yaa.. 
Jadi siapa yang jahat siap yang baik gtu aku ga tau awalnya

Dida: Kurangnya apa kak?

Tiara: Kurang endingnya aja yang pura2 bahagia depan publik

Harusnya sih yaa ada pilihan.. Nick bercerai dan Amy bunuh apa Nick mati dibunuh gtu sama Amy *koq ya sadis*

Dida: Amy bunuh?

Tiara: Bunuh diri, maksudnya...

Fero: Jadi si Amy tuh cuma caper ma lakinya dengan cara yang sedikit ribet...

Tiara: Aku ntn pas Amy mukul matanya sebelah kiri pake palu
Nah iyaa.. Ribet dan nyusain org. Bikin matik org pula

Fero: Cara dia memperbaiki rumah tangganya... At least lakinya ga akan ninggalin dia...walopun bobonya di sofa...

Tiara: Kan tdinya Nick mau cerai.. Tpi Amy udh hamil beneran.. Ya ga jadi

Fero: Ga jadinya bukan karena hamil deh ra...diancam kayanya... Ada tuh kalimat terakhir Amy yang pas dari mandi showeran berdarah2 itu...

Tiara: Nah it kalimatnya lupa

Fero: Gue juga lupa...hahahaha

Tiara: Tpi kan abis itu Nick nya ngadu ke penasehat hukum dan adeknya. Tpi ga prcaya yaa klo ga salah

Tri Astuti: Iya, diancam... Jadi NICK ini gak mau nyerein Amy karena diancem...dan NICK juga takut kalo akhir hidupnya bakalan kek Desy.

Tiara: Ben affleck ini lbh bagus maen di film2 begini yaa kaya nya dibanding batman. NICK PENAKUT

Tri Astuti: Dan menurutku NICK emang gak berani ambil resiko. Dasar NICK.

Tiara: Gimana kata-katanya, Kak?

Tri Astuti: Haruskah eike buka leptop eike? Mager ih .. Yodah intinya, dasar NICK.

Febiana: Nick itu takut d ANCEM!!

Dida: Pokoknya pas showeran itu yaa... si Amy bilang "kau mau pergi meninggalkan istri yang baru saja kembali dan habis diperkosa?" Gitu gitu

Fero:
Nick: You killed someone, Amy...you're a murderer...
Amy: I'm a fighter...I fought my way back to you...
Nick: you killed a guy...you slashed his throat with a box cutter...
Amy: you went on national television and begged for me to save your life and i obliged...but i want that Nick...
Nick: im leaving Amy: you really think thats smart? Wounded, raped wife battles her way back to her husband and he deserts her...theyll destroy you... Neighbors will shun you...and ill make sure that no one forgets the pain you caused me...

Tiara: Pokoknya Nick diancam ancam gtu yaa om?

Fero: Nah itu ancamannya... Ya iyalah...ceritanya dibuat kalo Nick ninggalin Amy, Nick bakal jadi jahat banget

Tiara: Jadi yang jahat Nick apa Amy om??

Fero: Bininya diculik disekap diperkosa dan berhasil bebas untuk balik ke lakinya...eh lakinya malah ga mau terima kondisi bininya and ninggalin dia...

Orang2 bakal mikir gitu ke Nick...

Fero: Yang jelas sih Amy sukses ra dengan rencananya...hahahaha. Dan soal kehamilan itu gantung...

Tiara: Iyaa om..kan yang di inginkan Amy seperti itu

Fero: Kalo gue jadi Nick ya...just go with it...toh kaya yang dibilang lawyernya, mungkin Nick tuh harusnya makasih ma Amy...tapi ya itu, jangan bikin Amy kesel aja...hahahaha

You Might Also Like

0 comments

Kami selalu terbuka untuk segala kritik dan saran dari para Sahabat Buku sekalian, silahkan mengisi kolom komentar untuk menumpahkannya. Terima kasih.

Like us on Facebook