[Ulasan] Jagten (The Hunt)

23.06

Jagten (The Hunt) - 23.01.2016
(sebagian teks telah disunting oleh admin)

Sumber: IMDB

Jamal: Jadi, gue tertarik donlot film ini karena film ini salah satu nominasi oscar di tahun 2014. Ga menang. Tapi yang namanya udah masuk nominasi oscar pasti bagus lah ya.

Yang maen Mads Mikkelsen. Kalo doyan nonton serial Hannibal pasti kenal ama dia. Biasanya fans-fans cewek serial itu tergila-gila ama Mads hehehe.

Jadi ceritanya... Mads ini berperan sebagai seorang guru TK di Denmark sana. Nama tokohnya Lucas.

Lucas tinggal sendiri. Dia duda, anak 1. Tapi anaknya ikut ama ibunya. Walaupun begitu karena ganteng dia gak susah dapet pacar. Kehidupannya normal normal aja sih. Sampai suatu ketika... Ada satu muridnya yang agak aneh. Deket ama Lucas tapi juga kadang benci. Namanya Klara. Klara ini tiba-tiba bilang ke kepala sekolah TK itu bahwa dia gak suka sama Lucas.. Karena lucas memperlihatkan bagian pribadinya pada klara.

Kepala sekolah ini awalnya gak percaya. Tapi dia kepikiran terus : "Mungkinkah anak kecil berbohong?"

Kepala sekolah itu memanggil semacam ahli untuk menanyai Klara dan juga untuk meminta second opinion. Waktu ditanya Klara ngakunya lupa, tapi ketika didesak dia angguk-angguk kalo Lucas memang melakukan perbuatan itu.

Kedunya orang itu lalu mengambil kesimpulan bahwa Lucas memang bersalah. Lalu melaporkan kejadian ini ke polisi.

Tidak hanya itu seluruh orang tua dikumpulkan kemudian diumumkan untuk menyelidiki kemungkinan korban tidak hanya Klara. Lalu Lucas dipecat..

Lucas jelas tidak terima. Dia merasa tidak melakukan semua yang dituduhkan. Tapi bagaimana membuktikannya?

Lucas dipanggil polisi. Ditanyai bermacam macam. Tapi polisi juga tidak membuktikan bahwa Lucas bersalah. Sementara itu warga kota sudah terlanjur memandang Lucas sebagai monster pemangsa anak anak. Dia diteror. Rumahnya dilempar batu orang tak dikenal. Anjingnya tiba-tiba ditemukan mati dalam kantong plastik. Bahkan dia juga tidak diterima untuk berbelanja di toko dekat rumahnya oleh pemilik toko. Pacarnya juga meragukannya. Teman temannya juga. Lucas benar benar sendirian.

Febiana: Cuma gara-gara rumor, bahkan orang yang deket dan kenal sama dia bertahun-tahun meninggalkannya.

Jamal: Akting Mads bener bener bagus di sini. Keren banget. Yang membuat masalah makin rumit lagi, Klara adalah anak dari sahabat baiknya dari kecil. Jadi kejadian ini nyesek banget buat Lucas. Dan sahabat itu beserta istrinya mengusir Lucas ketika Lucas berusaha menjelaskan... Masing masing dari tokoh dari cerita ini bertindak wajar sih dari sudut pandangnya masing masing.

Pada akhirnya Lucas berhasil menyakinkan sahabatnya, Theo, ayah dari Klara. Klara juga baik baik saja dengan Lucas ketika bertemu. Gak trauma atau apa pun itu. Tapi warga kota tetap mencurigainya, diam-diam membenci Lucas.

Film ini benar-benar membuktikan bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Judulnya Jagten. Dalam bahasa Inggris : The Hunt. Mungkin judul ini merujuk ke hobby Lucas. Dia demen berburu rusa di hutan dengan senapan. Mungkin juga merujuk pada apa ya itu namanya, (Analogi? Personifikasi? Metafora?) bahwa Lucas 'diburu' oleh warga kota yang tetap mencurigainya.

Febiana: Bisa jadi, atau dia diburu ama Klara sehingga membuat dia menderita

Jamal: Beberapa adegan memperlihatkan Lucas bertemu Klara, setelah Lucas dipecat. Tapi Lucas tetap sayang sama Klara sebagai muridnya. Dan si Klara juga biasa aja. Entah kenapa dengan si Klara ini. Kadang anak kecil susah dimengerti. Tapi kelakuan Klara ini bikin heboh, dan mengacaukan kehidupan gurunya.

Febiana: Mungkin buat dunia Klara, hal seperti itu hanya sekedar becandaan. Tapi bagi dunia orang dewasa itu hal yang serius.

Nurul Fadhilah: Nah iya si Klara ini kirain ada apaan gitu. Kirain dijelasin di filmnya. Jadi keinget To Kill a Mockingbird deh. Itu juga soal prasangka ~

Febiana: Tapi ternyata sampai akhir gak dijelasin?

Ilham: Kalo tentang prasangka, jadi inget pilm Crash~

Jamal: Gak ada penjelasannya si Klara ini kenapa bisa begitu. Tapi di salah satu adegan dia lupa jalan pulang, nyasar, trus dianterin pulang ama Lucas. Dia juga diceritain kepala sekolahnya punya vivid imagination. Cuma itu aja. Jadi si Klara ini sering berkhayal terus pelupa.

You Might Also Like

0 comments

Kami selalu terbuka untuk segala kritik dan saran dari para Sahabat Buku sekalian, silahkan mengisi kolom komentar untuk menumpahkannya. Terima kasih.

Like us on Facebook